Sejarah 3Ds Max
Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
Pengertian 3D Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX)
adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi,
ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai
Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari
pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix
kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.
Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8
diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan
oleh Discreet di Siggraph 2005.
3ds Max adalah
salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang
ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft
Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang
banyak.
Tampilan Awal 3Ds Max
1. Menu,
berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model
atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu
yang ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor,
berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi
koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan
menekan Create > Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi
perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan
objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang
ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi
yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau
menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout.
Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4. Viewport,
merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat
enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri,
kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam
3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left,
right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif
ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut
adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar,
dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai
keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa
main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp
merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek
dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan
efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1. Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain
terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport
terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max
yang perlu kita ketahui, yaitu :
a. Time Slider
Prinsipnnya
sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang
lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang
ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk
melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
http://itcentergarut.blogspot.co.id/2011/01/pengenalan-dan-dasar-3ds-max.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar